Jumat, 31 Agustus 2012

Resensi Buku Non Fiksi


IDENTITAS BUKU

Judul : Taman untuk Anak Saleh
Penulis : Muhammad ASH-SHAYIM
Penerbit : Gema Insani
Cetakan : Cetakan kedua, Februari 2005
Kategori : Buku nonfiksi
Tebal : Xvii + 100 hlm.


RINGKASAN ISI :

Buku ini berisi tentang bagaimana membina akhlak anak-anak sehingga menjadi anak yang saleh, berbakti kepada Allah swt, Rasulullah saw, dan orang tua. Buku ini membahas masalah norma dan prinsip-prinsip dalam agama islam. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak mengetahui mana hal-hal yang dibutuhkan dalam hidup ini dan sekaligus akan memberikan manfaat bagi kehidupan mereka diakhirat nanti. diantara masalah yang akan dibahas yaitu mengenai kejujuran, berbakti kepada orang tua, menjalin hubungan silaturahmi, menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menghormati hak-hak tetangga, menumbuhkan jiwa yang tenang dan wibawa dengan cara-cara yang pernah dipraktekkan oleh orang-orang saleh terdahulu.
Hal utama yang hendak dikemukakan dalam buku ini adalah bagaimana caranya membentuk akhlak yang baik untuk anak-anak. Menurut sang penulis, buku ini dapat diibaratkan sebagai “taman bermain” untuk membina akhlak. Karena didalam buku ini anak-anak diajarkan untuk belajar sambil bermain. Anak-anak bebas melakukan hal-hal yang mereka sukai tapi tetap harus sesuai aturan agar akhlak mereka dapat terbentuk dan terjaga dengan baik. Menjadi anak yang bertakwa kepada Allah, meneladani Rasulullah Muhammad dan juga berbakti kepada orang tua bukanlah hal yang sulit, bahkan menyenangkan untuk dilakukan. 
Buku ini mencakup banyak manfaat dan faedah, buku ini dapat menjadi bekal pengetahuan dan cahaya yang bisa menyinari jalan yang ditempuh oleh anak-anak generasi penerus bangsa nantinya. Dibuku ini banyak sekali nasehat-nasehat yang dapat terapkan dalam kehidupan sehari-hari yang tentunya sangat gampang dilakukan dan yang paling utama dapat meningkatkan rasa takwa anak-anak kepada sang pencipta. Pemaparan bahasa dalam buku ini, ditulis dengan bahasa yang sederhana yang memang cocok dan mudah dipahami anak-anak. Sayangnya buku ini tidak dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi. Seharusnya buku untuk anak-anak semacam ini dilengkapi dengaan gambar-gambar. Agar anak-anak tertarik dan lebih semangat membacanya.
Buku ini penting bagi para orang tua yang peduli dengan akhlak anak mereka, karena di zaman yang serba modern ini, sangat sulit memantau apa saja yang dilakukan anak-anak. Buku ini diterbitkan tidak hanya untuk anak-anak, tapi juga bagi para orang tua yang peduli dengan akhlak anak mereka.

Sumber : diahprita.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar